Pembelajaran
adalah proses interaksi dan komunikasi dalam memodifikasi lingkungan untuk
menyelesaikan masalah yang dihadapi peserta didik sehingga dapat mengatasi
masalah dengan tepat.
Guru
berperan sebagai :
1.
Motivator
2.
Fasilitator
3.
Moderator
4.
Professional
Pengertian model pembelajaran adalh
sutua desain yang menggambarkan proses, rincian dan penciptaan situasi
lingkunga yang memungkinkan isswa berinteraksi sehingga terjadi perubahan pada
siswa.
Karakteritik model pembelajaran :
1.
Memiliki
prosedur ilmiah
2.
Hasil belajar
yang spesifik
3.
Kejalasan
lingkungan belajar
4.
Criteria hasil
belajar yang jelas
5.
Proses
pembelajaran yang jelas
Konsep dan ciri model pembelajaran :
Suatu konsep model pembelajaran dapat menggunakan
sejumlah ketrampilan metodologis dna procedural seperti merumuskan masalah,
mengemukakan pertanyaan, melakukan penelitian, berdiskusi dan memperdebatkan
temuan, bekerja secara kolaboratif, menciptakan karya seni dan melakukan
presentase.
Istilah model memiliki makna lebih luas daripada
suatu strategi.
Manfaat model pembelajaran :
1.
Memberikan
pedoman bagi guru dan siswa dalam mencapia tujuan pembelajaran
2.
Membantu dalam
mengembangkan kurikuluam bagi kelas mata pelajaran lain.
3.
Membantu dalma
memilih media dan sumber belajar
4.
Membantu meningkatkan
efektivitas pembelajaran
Ciri
khusus model pembelajaran :
1.
Rasional
teoritik yang logis
2.
Landasan
pemikiran tentang tujuan pembelajaran
yang dicapai
3.
Tingkah laku
mengajar
4.
Lingkungan
belajar yang diperlukan.
Model pengajaran dapat berfungsi sebagai sarana
komunikasi yang penting, apakah yang dibicarakan tentang mengajar di kelas,
mobile (praktek, mengawasi anak-anak)
Model pembelajaran diklasifikasikan berdasarkan
tujuan pembelajarannya, sintaknya (pola urutannya) dan isfat lingkungan
belajarnya.
Jadi,
Model
pembelajaran adalah kerangka
konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan
pengalaman belajr untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai
pedoman bagi para perancang pembelajaran dna para pengajar dalam merencakan dan
melaksanakan aktivitas pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar