·
Masalah adalah :
kesenjangan antara harapan dan kenyataan.
·
Masalah belajar
adalah suatu kondisi tertentu yang dialami oleh siswa dan menghambat kelancaran
proses belajarnya.
Kondisi berkenaan siswa dengan:
1.
Kelemahan yang
dimiliki siswa
2.
Lingkungan yang
tidak menguntungkan
Penggolongan masalah belajar :
1.
Sangat cepat
dalam belajar
2.
Kelambatan
akademik
3.
Lambat belajar
4.
Penempatan kelas
5.
Kurang motivasi
dalam belajar
6.
Sikap dan
kebiasaan buruk dalam belajar
7.
Kehadiran di
sekolah
Penjelasan :
1.
Sangat cepat
dalam belajar yiatu siswa yang tampaknya memiliki bakat akademik yang cukup
tinggi.
-
Memiliki IQ
sebesar 130 atau lebih
-
Memerlukan
tugas-tugas khusus terencana
2.
Kelambatan
akademik
Siswa yang tampaknya memiliki intelegensi normal
tetapi tidak dapat memanfaatkannya secara baik
3.
Lambat belajar
yaitu siswa yang tampak memiliki kemampuan yang kurang memadai. Memiliki IQ
sekitar 70-90 sehingga perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan bantuan khusus.
4.
Penempatan kelas
Yaitu siswa yang umur, kemampuan, ukuran dan
minat-minat sosial yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk kelas yang
ditempatinya.
5.
Kurang motivasi
dalam belajar yaitu siswa yang kurang semangat dalam belajar. Mereka tampak
jera dan malas.
6.
Sikap dan
kebiasaan buruk dalam belajar yaitu siswa yang kegiatan atau perbuatan
belajarnya berlawanan atau tidak sesuai dengan yang seharusnya.
-
Suka
menunda-nunda tugas
-
Belajar pada
saat akan ujian saja.
7.
Kehadiran di
sekolah yaitu siswa yang sering tidak hadir.
-
Menderita sakit
dalamjangka waktu yang lama, sehingga kehilangan sebagian besar kegiatan
belajarnya.
Penentuan siswa yang mengalami masalah belajar
1.
Penilaian hasil
belajar untuk melihat KKM
Jenis acuan berdasarkan :
a.
Penilaian acuan
criteria (PAK)
b.
Penilaian acuan
norma (PAN)
2.
Pemanfaatan
hasil tes intelegensi untuk mengetahui kemampuan dasar siswa
3.
Pengamatan untuk
mengetahui afektif siswa
Sebab-sebab masalah belajar :
Tahapan dalam terjadinya masalah belajar.
1.
Tahapan
2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar