a. Sumber belajar
Menurut Vernon S.Gerlach & Donald P. Ely (1971)
·
Manusia, bahan lingkungan,
alat dan perlengkapan serta aktivitas
·
Bahan adalah
segala sesuatu yang membawa pesan/informasi untuk pembelajaran
·
Lingkungan yang
mampu mengkondisikan proses belajar
·
Alat dan bahan
dimanfaatkan untuk produksi atau menampilkan sumber belajar
· Aktivitas yang
mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang di dalamnya terdapat perpaduan
antara teknik penyajian dengan sumber belajar yang memudahkan siswa belajar.
Media pembelajaran
Ada 2 unsur yang terkandung :
1.
Pesan/bahan
pengajaran yang akan disampaikan atau perangkat lunak
2.
Alat penampil
/perangkat keras.
Pembagian media :
a.
Jenisnya :
auditif, visual dan audiovisual.
b.
Daya liput :
luas dan serentak, terbatas ruang dan waktu, untuk individual.a
c.
Batas dan
pembuatannya : media sederhana dan media kompleks.
Alat peraga :
Segala sesuatu alat yang dapat menunjang keefektifan
dan efisiensi penyampaian, pengembangan, dan pemahaman informasi atau pesan
pembelajaran.
Esensi dari sumber belajar, media dan alat peraga.
Dimensi :
1.
Accessibility
(daya jangkau/akses informasi)
2.
Speed (kecepatan
informasi)
3.
Amount (jumlah /
kuantitas informasi)
4.
Cognitive
Effectiviness (keefiktifan memperoleh pengetahuan)
5.
Relevance
(kesesuaian informasi)
6.
Motivating
(motivasi)
Pemilihan sumber belajar tergantung pada :
1.
Motivasi
2.
Kemampuan guru
dalam penggunaannya
Selanjutnya akan ditentukan berdasarkan : program
pengajaran, kondisi lingkungan, karakteristik siswa, karakteristik sumber
belajar.
Pemilihan media ;
Faktor yang perlu diperhatikan :
1.
Objektivitas
2.
Program
pengajaran
3.
Sasaran program
(siswa)
4.
Situasi dan
kondisi
5.
Kualitas teknis
6.
Keefektifan dan
efisiensi penggunaan
Kriteria pemilihan:
1.
Topik menarik
minat siswa
2.
Materi dalam
media penting bagi siswa
3.
Relevan dengan
kurikulum yang berlaku
4.
Apakah materinya
auntentik / actual
5.
Apakah fakta /
konsepnya benar
6.
Format
sistematis dan logis
7.
Objektif
orientasi kebutuhan siswa
8.
Narasi, gambar,
efek, warna dan sebagainya memenuhi syarat kualitas
9.
Bahasa,symbol,dan
ilustrasi yang cukup komunikatif.
Kaitannya :
1.
Kompetensi Dasar
2.
Strategi
pembelajaran
3.
Sistem evaluasi
yang digunakan
Pemilihan alat peraga mencakup :
-
Kesesuaian alat
pengajaran yang dipilih dengan materi pengajaran / jenis kegiatan yang akan
dilakukan oleh siswa.
-
Kemudahan dalam
memperoleh alatnya dan kemudian dalam perancangannya
-
Kemudahan dalam
penggunaannya
-
Terjamin
keamanan dalam penggunannya
-
Kemampuan siswa
Pemberdayaan sumber belajar, media dan alat peraga
dilakukan pada tahapan :
-
Di awal
pembelajaran
-
Selama proses
pembelajaran
-
Di akhir
pembelajaran
-
Di luar waktu
pembelajaran
Tujuan media pembelajaran :
·
Pesan /
informasi yang dikomunikasikan dapat diserap semaksimal mungkin oleh para siswa
sebagai penerima pesan / informasi
·
Memberikan
kemudahan kepada peserta didik untuk lebih memahami konsep, prinsip, sikap dan
ketrampilan tertentu dengan menggunakan media yang paling tepat menurut
karakteristiknya
·
Memberikan
pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga lebih merangsang
melihat peserta didik untuk belajar.
Manfaat media pembelajaran :
1.
Mengatasi
keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik
2.
Dapat melampaui
batasan ruang kelas
3.
Memungkinkan
adanya interaksi langsung antara siswa dan lingkungannya
4.
Menghasilkan
keseragaman pengamatan
5.
Menanamkan
konsep dasar yang bena, konkret dna realistic
Klasifikasikan media pembelajaran
Leshin Pollock dan Reigeloth (1992)
mengklasifikasikan media ke dalam 5 kelompoj berdasarkan :
1.
Media berbasis
manusia
2.
Media berbasis
cetak
3.
Media berbasis
visual
4.
Media berbasis
audiovisual
5.
Media berbasis computer
Prinsip-prinsip penggunaan dan pengembangan media
pembelajaran
a.
Media non
elektronis
Media sederhana yang digunakan untuk
mengkomunikasikan pesan/informasi kepada siswa dengan menggunakan saluran
indera penglihatan (visual).
-
Media pajang
Digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi di
depan.
Ex : whiteboard, flip chart, papan kain, papan
magnet, pameran.
b.
Media elektronis
Media yang digunakan untuk mengkomunikasikan
pesan/informasi kepada siswa dengan menggunakan indera penglihatan saja atau
indera pendengaran saja atau indera penglihatan sekaligus indera pendengaran.
Pedoman penggunaan media dalam proses pembelajaran
1.
Tidak ada satu
media yang terbaik
2.
Berdasarkan pada
tujuan
3.
Memperhitungkan
kecocokan
4.
Bentuk kegiatan
belajar
5.
Persiapan yang
cukup
6.
Siswa yang perlu
di siapkan
7.
Melibatkan
partisipan aktif para siswa
8.
Mempertimbangkan
biaya
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat
digunakan guruuntuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses
belajar pada diri meraka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar