Senin, 23 Desember 2013

Media Pembelajaran

a. Sumber belajar
Menurut Vernon S.Gerlach & Donald P. Ely (1971)
·         Manusia, bahan lingkungan, alat dan perlengkapan serta aktivitas
·         Bahan adalah segala sesuatu yang membawa pesan/informasi untuk pembelajaran
·         Lingkungan yang mampu mengkondisikan proses belajar
·         Alat dan bahan dimanfaatkan untuk produksi atau menampilkan sumber belajar
·    Aktivitas yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran yang di dalamnya terdapat perpaduan antara teknik penyajian dengan sumber belajar yang memudahkan siswa belajar.

Media pembelajaran
Ada 2 unsur yang terkandung :
1.      Pesan/bahan pengajaran yang akan disampaikan atau perangkat lunak
2.      Alat penampil /perangkat keras.

Pembagian media :
a.       Jenisnya : auditif, visual dan audiovisual.
b.      Daya liput : luas dan serentak, terbatas ruang dan waktu, untuk individual.a
c.       Batas dan pembuatannya : media sederhana dan media kompleks.
Alat peraga :
Segala sesuatu alat yang dapat menunjang keefektifan dan efisiensi penyampaian, pengembangan, dan pemahaman informasi atau pesan pembelajaran.
Esensi dari sumber belajar, media dan alat peraga.
Dimensi :
1.      Accessibility (daya jangkau/akses informasi)
2.      Speed (kecepatan informasi)
3.      Amount (jumlah / kuantitas informasi)
4.      Cognitive Effectiviness (keefiktifan memperoleh pengetahuan)
5.      Relevance (kesesuaian informasi)
6.      Motivating (motivasi)
Pemilihan sumber belajar tergantung pada :
1.      Motivasi
2.      Kemampuan guru dalam penggunaannya
Selanjutnya akan ditentukan berdasarkan : program pengajaran, kondisi lingkungan, karakteristik siswa, karakteristik sumber belajar.
Pemilihan media ;
Faktor yang perlu diperhatikan :
1.      Objektivitas
2.      Program pengajaran
3.      Sasaran program (siswa)
4.      Situasi dan kondisi
5.      Kualitas teknis
6.      Keefektifan dan efisiensi penggunaan
Kriteria pemilihan:
1.      Topik menarik minat siswa
2.      Materi dalam media penting bagi siswa
3.      Relevan dengan kurikulum yang berlaku
4.      Apakah materinya auntentik / actual
5.      Apakah fakta / konsepnya benar
6.      Format sistematis dan logis
7.      Objektif orientasi kebutuhan siswa
8.      Narasi, gambar, efek, warna dan sebagainya memenuhi syarat kualitas
9.      Bahasa,symbol,dan ilustrasi yang cukup komunikatif.
Kaitannya :
1.      Kompetensi Dasar
2.      Strategi pembelajaran
3.      Sistem evaluasi yang digunakan
Pemilihan alat peraga mencakup :
-          Kesesuaian alat pengajaran yang dipilih dengan materi pengajaran / jenis kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa.
-          Kemudahan dalam memperoleh alatnya dan kemudian dalam perancangannya
-          Kemudahan dalam penggunaannya
-          Terjamin keamanan dalam penggunannya
-          Kemampuan siswa
Pemberdayaan sumber belajar, media dan alat peraga dilakukan pada tahapan :
-          Di awal pembelajaran
-          Selama proses pembelajaran
-          Di akhir pembelajaran
-          Di luar waktu pembelajaran
Tujuan media pembelajaran :
·         Pesan / informasi yang dikomunikasikan dapat diserap semaksimal mungkin oleh para siswa sebagai penerima pesan / informasi
·         Memberikan kemudahan kepada peserta didik untuk lebih memahami konsep, prinsip, sikap dan ketrampilan tertentu dengan menggunakan media yang paling tepat menurut karakteristiknya
·         Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga lebih merangsang melihat peserta didik untuk belajar.
Manfaat media pembelajaran :
1.      Mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh para peserta didik
2.      Dapat melampaui batasan ruang kelas
3.      Memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswa dan lingkungannya
4.      Menghasilkan keseragaman pengamatan
5.      Menanamkan konsep dasar yang bena, konkret dna realistic
Klasifikasikan media pembelajaran
Leshin Pollock dan Reigeloth (1992) mengklasifikasikan media ke dalam 5 kelompoj berdasarkan :
1.      Media berbasis manusia
2.      Media berbasis cetak
3.      Media berbasis visual
4.      Media berbasis audiovisual
5.      Media berbasis computer
Prinsip-prinsip penggunaan dan pengembangan media pembelajaran
a.       Media non elektronis
Media sederhana yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan/informasi kepada siswa dengan menggunakan saluran indera penglihatan (visual).
-          Media pajang
Digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi di depan.
Ex : whiteboard, flip chart, papan kain, papan magnet, pameran.
b.      Media elektronis
Media yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan/informasi kepada siswa dengan menggunakan indera penglihatan saja atau indera pendengaran saja atau indera penglihatan sekaligus indera pendengaran.

Pedoman penggunaan media dalam proses pembelajaran
1.      Tidak ada satu media yang terbaik
2.      Berdasarkan pada tujuan
3.      Memperhitungkan kecocokan
4.      Bentuk kegiatan belajar
5.      Persiapan yang cukup
6.      Siswa yang perlu di siapkan
7.      Melibatkan partisipan aktif para siswa
8.      Mempertimbangkan biaya
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan guruuntuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada diri meraka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar