Senin, 23 Desember 2013

Hakekat Pembelajaran



            Pembelajaran adalah proses interaksi dan komunikasi dalam memodifikasi lingkungan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi peserta didik sehingga dapat mengatasi masalah dengan tepat.
            Guru berperan sebagai :
1.      Motivator
2.      Fasilitator
3.      Moderator
4.      Professional
Pengertian model pembelajaran adalh sutua desain yang menggambarkan proses, rincian dan penciptaan situasi lingkunga yang memungkinkan isswa berinteraksi sehingga terjadi perubahan pada siswa.
Karakteritik model pembelajaran :
1.      Memiliki prosedur ilmiah
2.      Hasil belajar yang spesifik
3.      Kejalasan lingkungan belajar
4.      Criteria hasil belajar yang jelas
5.      Proses pembelajaran yang jelas

Konsep dan ciri model pembelajaran :
Suatu konsep model pembelajaran dapat menggunakan sejumlah ketrampilan metodologis dna procedural seperti merumuskan masalah, mengemukakan pertanyaan, melakukan penelitian, berdiskusi dan memperdebatkan temuan, bekerja secara kolaboratif, menciptakan karya seni dan melakukan presentase.

Istilah model memiliki makna lebih luas daripada suatu strategi.

Manfaat model pembelajaran :
1.      Memberikan pedoman bagi guru dan siswa dalam mencapia tujuan pembelajaran
2.      Membantu dalam mengembangkan kurikuluam bagi kelas mata pelajaran lain.
3.      Membantu dalma memilih media dan sumber belajar
4.      Membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran

Ciri khusus model pembelajaran :
1.      Rasional teoritik yang logis
2.      Landasan pemikiran tentang  tujuan pembelajaran yang dicapai
3.      Tingkah laku mengajar
4.      Lingkungan belajar yang diperlukan.

Model pengajaran dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi yang penting, apakah yang dibicarakan tentang mengajar di kelas, mobile (praktek, mengawasi anak-anak)

Model pembelajaran diklasifikasikan berdasarkan tujuan pembelajarannya, sintaknya (pola urutannya) dan isfat lingkungan belajarnya.
Jadi,
Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajr untuk mencapai tujuan belajar tertentu dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dna para pengajar dalam merencakan dan melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar