Senin, 23 Desember 2013

Masalah dalam Belajar



·         Masalah adalah : kesenjangan antara harapan dan kenyataan.
·         Masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang dialami oleh siswa dan menghambat kelancaran proses belajarnya.
Kondisi berkenaan siswa dengan:
1.      Kelemahan yang dimiliki siswa
2.      Lingkungan yang tidak menguntungkan
Penggolongan masalah belajar :
1.      Sangat cepat dalam belajar
2.      Kelambatan akademik
3.      Lambat belajar
4.      Penempatan kelas
5.      Kurang motivasi dalam belajar
6.      Sikap dan kebiasaan buruk dalam belajar
7.      Kehadiran di sekolah
Penjelasan :
1.      Sangat cepat dalam belajar yiatu siswa yang tampaknya memiliki bakat akademik yang cukup tinggi.
-          Memiliki IQ sebesar 130 atau lebih
-          Memerlukan tugas-tugas khusus terencana
2.      Kelambatan akademik
Siswa yang tampaknya memiliki intelegensi normal tetapi tidak dapat memanfaatkannya secara baik
3.      Lambat belajar yaitu siswa yang tampak memiliki kemampuan yang kurang memadai. Memiliki IQ sekitar 70-90 sehingga perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan bantuan khusus.
4.      Penempatan kelas
Yaitu siswa yang umur, kemampuan, ukuran dan minat-minat sosial yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk kelas yang ditempatinya.
5.      Kurang motivasi dalam belajar yaitu siswa yang kurang semangat dalam belajar. Mereka tampak jera dan malas.
6.      Sikap dan kebiasaan buruk dalam belajar yaitu siswa yang kegiatan atau perbuatan belajarnya berlawanan atau tidak sesuai dengan yang seharusnya.
-          Suka menunda-nunda tugas
-          Belajar pada saat akan ujian saja.
7.      Kehadiran di sekolah yaitu siswa yang sering tidak hadir.
-          Menderita sakit dalamjangka waktu yang lama, sehingga kehilangan sebagian besar kegiatan belajarnya.
Penentuan siswa yang mengalami masalah belajar
1.      Penilaian hasil belajar untuk melihat KKM
Jenis acuan berdasarkan :
a.       Penilaian acuan criteria (PAK)
b.      Penilaian acuan norma (PAN)
2.      Pemanfaatan hasil tes intelegensi untuk mengetahui kemampuan dasar siswa
3.      Pengamatan untuk mengetahui afektif siswa
Sebab-sebab masalah belajar :
Tahapan dalam terjadinya masalah belajar.
1.      Tahapan
2.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar