Lingkungan
belajar ada 3 : Formal, Non Formal dan Informal.
Belajar
harus ada :
1. Kesadaran
2. Aktivitas mental
3. Perubahan tingkah laku
·
Suatu proses
perubahan pada individu yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi
dengan lingkungannya.
·
Suatu proses
perubahan tingkah laku (perilaku) akibat belajar akan bertahan lama bahkan pada
tahap tertentu tidak menghilang.
·
Hasil belajar
secara relative bersifat konstan dan berbekas.
Hasil
belajar, ada 3 yaitu :
1. Kognitif (kecerdasan)
2. Afektif ( sikap, minat dan motivasi)
3. Psikomotorik (ketrampilan, tingkah laku)
Ciri-ciri
perubahan tingkah laku :
1. Perubahan yang terjadi secara sadar
Proses belajar harus disertai kesadaran subjek
sehingga terjadi interaksi dengan lingkungan.
2. Perubahan dalam belajar bersifat kontinyu
Perubahan yang terjadi di dalam individu berlangsung
secara terus-menerus dan tidak stabil.
3. Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara
Hasil belajar bersifat permanen, tidak menghilang
begitu saja.
4. Perubahan dalam belajar bertujuan terarah
Perubahan perilaku karena ada tujuan yang akan
dicapai karena mempunyai maksud dan interaksi yang jelas.
5. Perubahan mencakup seluruh aspek perilaku
Suatu proses meliputi keseluruhan secara menyeluruh
dalam pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
Alasan
perlunya belajar :
1. Adanya dorongan rasa ingin tahu untuk menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan zaman.
2. Untuk memenuhi kebutuhan
3. Untuk mengetahui yang belum diketahui dan
menyempurnakannya
4. Untuk mampu konsolialisasi dan beradaptasi dengan
lingkungan
5. Untuk meningkatkan intelektual dan mengembangkan
potensi diri.
Yang
bukan gejala belajar :
1. Perubahan akibat kelelahan fisik
2. Perubahan akibat menggunakan obat
3. Perubahan akibat pertumbuhan jasmani
4. Perubahan akibat penyakit parah
Prinsip
belajar
1. Suatu kegiatan mengajar harus menggunakan
prinsip-prinsip belajar agar dalam mengajar guru dapat bertindak secara tepat.
2. Prinsip-prinsip belajar dapat membimbing aktivitas
dalam perencanaan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Macam-macam
prinsip belajar:
·
Perhatian
·
Motivasi
·
Keaktifan
·
Keterlibatan
langsung
·
Pengulangan
·
Penguatan dan
perbedaan individual
Penjelasan
:
1. Perhatian adalah banyak sedikitnya kesadaran yang
menyertai suatu aktivitas yang dilakukan. Perhatian mempunyai peranan yang penting
dalam kegiatan belajar dari kajian teori belajar. Pengolahan informasi,
terungkap tanpa perhatian tak mungkin belajar. Perhatian terhadap materi
pelajaran akan timbul apabila materi pelajaran sesuai kebutuhan dengan minat
dan bakat siswa.
2. Prinsip motivasi
a.
Motivasi
mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar
b.
Motivasi
merupakan tujuan dan alat dalam pembelajaran
c.
Motivasi
memunculkan energy positif
d.
Adanya motivasi
yang baik dlam belajar akan menunjukkan hasil belajar yang baik.
e.
Adanya usaha
yang tekun didasarkan adnya motivasi maka seseorang yang belajar akna
berprestasi yang baik
f.
Intensitas
motivasi seseorang akan menentukan arah perbuatan, menyeleksi perbuatan.
3. Prinsip keaktifan
a.
Belajar adalah
berbuat untuk mengubah perilaku jadi melakukan kegiatan
b.
Tidak ada
belajar kalau tidak ada keaktifan
c.
Belajar
menyangkut apa yang harus dikerjakan siswa untuk dirinya sendiri. Maka
inisiatif harus datang dari siswa sendiri.
4. Prinsip keterlibatan langsung
a.
Belajar yang
baik melalui pengamatan langsung
b.
Keterlibatan
langsung meliputi fisik, mental dan emosional
c.
Keterlibatan
langsung perlu menghayati, berbuat dna bertanggungjawab
d.
Penghayatan dan
internalisasi nilai-nilai dalam pembentukan sikap.
5. Pengulangan
a.
Belajar adalah
melatih daya-daya yang ada pada diri seseorang
b.
Daya terdiri
dari daya mengamati, menanggapi, merasa, berfikir
c.
Pengulangan
terhadap pengalaman memperbesar peluang timbullnyua respon yang benar
6. Penguatan dan perbedaan individual
a.
Belajar akan
lebih semangat bila mendapat hasil yang baik
b.
Balikan yang
menyenangkan berpengaruh baik pada usaha belajar yang selanjutnya
c.
Belajar yang
sungguh-sungguh dengan pengulangan akan mendapatkan penguatan yang baik.
d.
Belajar terjadi
perbedaan individu karakteristik yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar