Senin, 23 Desember 2013

Transformasi Belajar

1.      Raw input / masukan mentah, terdiri dari :
-         Heterogenitas (kondisi ortu)
-         Homogenitas (umur, lulusan)
2.      Lingkungan, terdiri dari :
-         Keluarga, skeolah, masyarakat
-         Lingkungan ekososbud
3.      Instrumental input / masukan alat, terdiri dari : kurikulum, media, guru, sarana dan prasarana
4.      Hasil langsung dalam bentuk kelulusan (kesarjanaan)
5.      Hasil akhir berupa pasar kerja

Faktor psikologi dalam pembelajaran :
1.      Motivasi
a.       Mengetahui apa yang akan dipelajari
b.      Memahami mengapa hal tersebut perlu dipelajari
2.      Konsentrasi
a.       Memusatkan segenap kekuatan perhatian pada suatu situasi belajar
3.      Reaksi
a.       Kegiatan belajar diperlukan keterlibatan unsure fisik maupun mental sebagai suatu wujud reaksi
4.      Organisasi
a.       Belajar dapat dikatakan kegitaan perngorganisasian, menata atau menempatkan bagian-bagian bahan pelajaran ke dalam suatu kestauan pengertian.
5.      Pemahaman / comprehension
a.       Menguasai sesuatu dengan dikiran
6.      Ulangan
a.       Kegitaan mengulang harus disertai dengan fikiran dan bertujuan.
Motivasi Pembelajaran Mac Donald
-         Motivasi itu mengawali terjadinya perubahan energi pada perubahan diri setiap individu manusia.
-         Motivasi ditandai dengan munculnya rasa/feeling afeksi seseorang (intuisi)
-         Motivasi dirancang karena adanya tujuan
Motivasi pembelajaran Maslow
a.       Self actualization needs
b.      Esteem needs
c.       Love belongness needs
d.      Safety needs
e.       Psychological needs
Fungsi motivasi dalam belajar
a.       Mendorong manusia untuk ebrbuat
-         Sebagai penggerak / motor yang melepaskan energy
b.      Menentukan arah perbuatan
-         Arah tujuan yang hendak dicapai
c.       Menyeleksi perbuatan
-         Menentukan perbuatan-perbuatan apa yang harus dikerjakan
Klasifikasi motivasi dalam belajar
1.      Motivasi dilihat dari dasar-dasar pembentukannya
-         Motif motif bawaan (hereditas)
-         Motif-motif yang dipelajari
2.      Motivasi jasmaniah dan rohaniah
-         Jasmaniah : refelks, insting otomatis, nafsu
-         Rohaniah : kemauan
3.      Motivasi intrinsic dan ekstrinsik
-         Intrinsic yaitu motif yang apa pada setiap individu
-         Ekstrinsik yaitu motif yang berfungsinya karena adanya dorongan dari luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar