Minggu, 15 Desember 2013

Belajar Dan Pembelajaran



Lingkungan belajar ada 3 : Formal, Non Formal dan Informal.
Belajar harus ada :
1.      Kesadaran
2.      Aktivitas mental
3.      Perubahan tingkah laku
·         Suatu proses perubahan pada individu yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi dengan lingkungannya.
·         Suatu proses perubahan tingkah laku (perilaku) akibat belajar akan bertahan lama bahkan pada tahap tertentu tidak menghilang.
·         Hasil belajar secara relative bersifat konstan dan berbekas.
Hasil belajar, ada 3 yaitu :
1.      Kognitif (kecerdasan)
2.      Afektif ( sikap, minat dan motivasi)
3.      Psikomotorik (ketrampilan, tingkah laku)
Ciri-ciri perubahan tingkah laku :
1.      Perubahan yang terjadi secara sadar
Proses belajar harus disertai kesadaran subjek sehingga terjadi interaksi dengan lingkungan.
2.      Perubahan dalam belajar bersifat kontinyu
Perubahan yang terjadi di dalam individu berlangsung secara terus-menerus dan tidak stabil.
3.      Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara
Hasil belajar bersifat permanen, tidak menghilang begitu saja.
4.      Perubahan dalam belajar bertujuan terarah
Perubahan perilaku karena ada tujuan yang akan dicapai karena mempunyai maksud dan interaksi yang jelas.
5.      Perubahan mencakup seluruh aspek perilaku
Suatu proses meliputi keseluruhan secara menyeluruh dalam pengetahuan, sikap dan ketrampilan.
Alasan perlunya belajar :
1.      Adanya dorongan rasa ingin tahu untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntutan zaman.
2.      Untuk memenuhi kebutuhan
3.      Untuk mengetahui yang belum diketahui dan menyempurnakannya
4.      Untuk mampu konsolialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan
5.      Untuk meningkatkan intelektual dan mengembangkan potensi diri.
Yang bukan gejala belajar :
1.      Perubahan akibat kelelahan fisik
2.      Perubahan akibat menggunakan obat
3.      Perubahan akibat pertumbuhan jasmani
4.      Perubahan akibat penyakit parah
Prinsip belajar
1.      Suatu kegiatan mengajar harus menggunakan prinsip-prinsip belajar agar dalam mengajar guru dapat bertindak secara tepat.
2.      Prinsip-prinsip belajar dapat membimbing aktivitas dalam perencanaan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran.
Macam-macam prinsip belajar:
·         Perhatian
·         Motivasi
·         Keaktifan
·         Keterlibatan langsung
·         Pengulangan
·         Penguatan dan perbedaan individual
Penjelasan :
1.      Perhatian adalah banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai suatu aktivitas yang dilakukan. Perhatian mempunyai peranan yang penting dalam kegiatan belajar dari kajian teori belajar. Pengolahan informasi, terungkap tanpa perhatian tak mungkin belajar. Perhatian terhadap materi pelajaran akan timbul apabila materi pelajaran sesuai kebutuhan dengan minat dan bakat siswa.
2.      Prinsip motivasi
a.       Motivasi mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar
b.      Motivasi merupakan tujuan dan alat dalam pembelajaran
c.       Motivasi memunculkan energy positif
d.      Adanya motivasi yang baik dlam belajar akan menunjukkan hasil belajar yang baik.
e.       Adanya usaha yang tekun didasarkan adnya motivasi maka seseorang yang belajar akna berprestasi yang baik
f.       Intensitas motivasi seseorang akan menentukan arah perbuatan, menyeleksi perbuatan.
3.      Prinsip keaktifan
a.       Belajar adalah berbuat untuk mengubah perilaku jadi melakukan kegiatan
b.      Tidak ada belajar kalau tidak ada keaktifan
c.       Belajar menyangkut apa yang harus dikerjakan siswa untuk dirinya sendiri. Maka inisiatif harus datang dari siswa sendiri.
4.      Prinsip keterlibatan langsung
a.       Belajar yang baik melalui pengamatan langsung
b.      Keterlibatan langsung meliputi fisik, mental dan emosional
c.       Keterlibatan langsung perlu menghayati, berbuat dna bertanggungjawab
d.      Penghayatan dan internalisasi nilai-nilai dalam pembentukan sikap.
5.      Pengulangan
a.       Belajar adalah melatih daya-daya yang ada pada diri seseorang
b.      Daya terdiri dari daya mengamati, menanggapi, merasa, berfikir
c.       Pengulangan terhadap pengalaman memperbesar peluang timbullnyua respon yang benar
6.      Penguatan dan perbedaan individual
a.       Belajar akan lebih semangat bila mendapat hasil yang baik
b.      Balikan yang menyenangkan berpengaruh baik pada usaha belajar yang selanjutnya
c.       Belajar yang sungguh-sungguh dengan pengulangan akan  mendapatkan penguatan yang baik.
d.      Belajar terjadi perbedaan individu karakteristik yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar