Jumat, 06 September 2013

Jalan Kaki Membuat Anak Lebih Cerdas



Rutin berjalan kaki setiap hari tidak pernah ada ruginya. Bahkan sebuha studi terbaru menyebutkan bahwa remaja lebih disarankan untuk berjalan kaki ke sekolah. Sebab kebiasaan ini diketahui memberikan pengaruh positif terhadap kinerja otak.
Hasil stuidi ini mengungkapkan bahwa gadis remaja yang berjalan kaki ke sekolah memiliki kinerja kognitif lebih baik, jika dibandingkan dengan mereka yang pergi ke sekolah dengan bus atau mobil. Selain itu, kinerja kognitif yang lebih baik juga ditunjukkan pada gadis remaja yang waktu tempuh dari rumah ke sekolahnya lebih dari 15 menit.
Pendapat ini disimpulkan dari pertemuan nasional studi AVENA (Food and Assessment of the Nutritional STATUS OF Spanish Adolescents), dimana University of Granada telah berpastisipasi bersama-sama dengan Autunomous University of Madrid.
Para peneliti menegaskan bahwa selama mas renaja, plastisitas otak lebih besar daripada waktu lainnya dalam rentang hidup. Ini membuat masa remaja menjadi periode yang tepat untuk merangsang fungsi kognitif. Oleh Karena itu, peneliti berfikir bahwa remaja yang tidak aktif bias kehilangan stimulus yang sangat penting untuk meningkatkan pembelajaran dan kinerja kognitifnya.
“pergi ke sekolah dengan berjalan kaki merupakan kebiasaan sehari-hari yang sehat. Aktivitas ini dapat memberikan kontribusi untuk menjaga remaja tetap aktif selama sisia hari itu,” kata  peneliti, Palma Times of India, senin (2/9)
Sependapat dengan hal tersebut, David Martines Gomez dari Autonomous University of Madrid mengungkapkan bahwa untuk berpartisipasi lebih bnayak dalam kegiatan fisik dan olahraga. Selain dapat meningkatkan pengeluaran energi, kebiasaan ini dapat memberikan pengaruh yang sangat baik terhadap kesehatan tubuh.

Sumber : Ogan Ilir Ekspress. Kamis, 05  September 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar